MADIUN – Perubahan di Jalan Pahlawan memang menarik perhatian daerah lain. Terbaru, Komisi III DPRD Kabupaten Pekalongan datang meninjau, Senin (5/10). Tujuanya sama menggali informasi terkait pembangunan Taman Sumber Wangi dan Pahlawan Street Centre untuk diaplikasikan di Kabupaten Pekalongan.

‘’Prinsipnya sama dengan kunjungan dari daerah lain ke Kota Madiun, kami ingin melihat langsung pembangunan di kota ini untuk diaplikasikan di daerah kami,’’ kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pekalongan Abdul Munir.

Munir bersama rombongan sejatinya sudah di Kota Madiun sejak Minggu kemarin. Malamnya, melihat Pahlawan Street Centre dan Taman Sumber Wangi. Kedua tempat destinasi wisata baru di Kota Madiun itu memang lebih cantik kala malam. Munir menambahkan kunjungan Komisi III merupakan tindak lanjut dari kunjungan Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Daerah-daerah di Jawa Tengah memang direkomendasikan untuk melihat Kota Madiun terutama terkait penataan kotanya.

‘’Perubahan di Kota Madiun luar biasa. Beberapa anggota kami pernah berkunjung ke DPRD Kota Madiun saat masih berkantor di dekat lokasi. Seingat kami dulu kawasan itu kumuh. Tetapi sungai yang kumuh itu malah jadi destinasi wisata pemacu ekonomi sekarang,’’ imbuhnya.

Munir menyebut hasil kunjungan di Kota Madiun bakal dijadikan rekomendasi kepada calon kepala daerah yang terpilih nanti. Di Kabupaten Pekalongan memang akan berlangsung Pilkada. Nah, studi yang dilakukan komisinya akan dijadikan masukan konsep pembangunan di Pekalongan ke depan.

‘’Ini luar biasa karena berhasil memanfaatkan tempat yang kumuh menjadi lebih bernilai. Jadi keterbatasan lahan sebenarnya bukan masalah. Tinggal bagaimana memanfaatkan aset yang ada itu menjadi lebih maksimal dan yang terpenting mampu mendatangkan wisatawan nantinya,’’ kagum Munir.(Madiuntoday/Nanda)